Buka Puasa Bersama dan Santunan Anak Yatim Piatu di Pengadilan Agama Balikpapan

Written by Administrator on . Posted in Berita

Rasa Syukur dan Indahnya berbagi di Bulan suci Ramadhan tahun ini menjadi momentum Pengadilan Agama Balikpapan untuk menyelenggarakan Buka Puasa Bersama dan pemberian santunan kepada  Anak Yatim Piatu dan Terlantar, Fuqara dan Masakin dari Yayasan Al Mustaqim (YASQIM) Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Assakinah Balikpapan. Acara yang dilaksanakan pada hari Rabu, 30 Mei 2018 diusung dengan adanya siraman rohani oleh Ust. Irfanuddin Hasyim, S.Sos. dan buka puasa bersama dan dilanjutkan dengan Sholat Berjamaah bersama anak yatim menambah suasana khidmat dan haru pada saat itu.


Acara buka puasa bersama dan santunan anak yatim ini dihadiri oleh undangan dari Pengadilan Negeri, Pengadilan Militer, Kementerian Agama, Bank Syariah Mandiri serta pegawai pensiunan Pengadilan Agama Balikpapan. Pada Kesempatan buka puasa bersama ini, ketua Pengadilan Agama Balikpapan, Drs. Bahrul Amzah, M.H. dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas kehadiran para undangan sebagai wujud dari ikatan silaturahim yang kuat antar Instansi yang ada di Kota Balikpapan.


“Andaikan segala aktivitas kita niatkan karena Allah, pasti kita bekerja secara ikhlas dan bernilai ibadah, oleh karena itu jangan sampai kita melalaikan Dzikir kepada Allah.” Sepenggal ceramah yang disampaikan oleh Ust. Irfanuddin Hasyim, S.Sos. dari Balikpapan yang memiliki suara khas Zainuddin M.Z. dengan gayanya yang ringan namun berkesan. Dengan terdengar kumandang Adzan Maghrib, acara dilanjutkan dengan buka puasa bersama dan sholat maghrib berjamaah yang dipimpin oleh M. Thaberanie, S.H.,M.H.I. serta makan malam bersama. Semoga Kegiatan Santunan Anak Yatim dan buka puasa bersama tahun ini membawa keberkahan bagi kita semua. Aamiin. (YR)

 

 

 

Ramadhan di Pengadilan Agama Balikpapan

Written by Administrator on . Posted in Berita

Setiap Tahun Bulan Ramadhan selalu membawa kesan tersendiri bagi seluruh Pegawai Pengadilan Agama Balikpapan, Bagaimana tidak rutinitas dan volume pekerjaan yang meningkat di setiap harinya membuat seluruh Pegawai sibuk dengan aktifitas pekerjaannya masing-masing. Ramadhan membuat kami semakin dekat, rasa kekeluargaan dan kebersamaan semakin erat, hal ini tampak melalui Sholat Dzuhur Berjamaah dilanjutkan dengan tadarus Al-Qur’an, tidah hanya itu, selama bulan Ramadhan setiap hari Jum’at Pagi mendengarkan Siraman Rohani dan dilanjutkan pembelajaran Ilmu Tajwid sebagai peningkatan kualitas bacaan Al-Qur’an kami.

Pembentukan Panitia yang dilaksanakan pada hari selasa, tanggal 15 Mei 2018 yang dihadiri seluruh pegawai, mempercayakan kepada Bpk. Drs. Muh. Yazid Yosa, S.H.,M.H. sebagai ketua panitia amaliah Ramadhan 1439 H. Dari jadwal Imam, Penceramah, Muadzin, tadarus Al-Qur’an hingga buka puasa bersama anak yatim menjadi agenda rapat kepanitiaan.

Kesibukan bekerja terkadang melupakan akan tujuan kita di dalam kehidupan ini. Yang penting bagi kita bekerja. Tetapi kita sering kurang menyadari apa yang kita cari dalam hidup ini. Selain kebutuhan jasmani, kebutuhan rohani pun perlu kita perhatikan. Melalui Kegiatan Siraman Rohani setiap hari Jum’at Pagi selama bulan Ramadhan, dimana diawali oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Balikpapan, Drs. H. M. Kahfi, S.H.,M.H. yang menyampaikan tentang tingkatan orang-orang yang berpuasa menurut Imam Al-Ghozali.

1.Shoumul ‘awam (puasa golongan umum) yaitu puasanya orang yang menahan hawa nafsu dari makan-minum dan kemaluannya;
2.Shoumul khawashi (puasa tingkatan khusus/istimewa) ya’ni puasanya orang-orang shalih dan matang dalam ilmu agamanya dimana mereka dapat menahan anggota tubuh dari segala macam dosa.
3.Shoumul khawashil khawashi (puasa sangat istimewa) Ialah Puasanya orang yang menahan hati dari kemauan yang rendah dan dari pemikiran terhadap duniawi, dan menahannya juga pemikiran kepada selain Allah dengan secara keseluruhan.

Dari ceramah yang disampaikan oleh Bpk. H.M. Kahfi, Timbullah pertanyaan pada diri kita, Sudah termasuk golongan apa, Tingkatan Puasa Kita ? Wallahu a'lam bish-shawabi.

“Sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar Al-Qur’an dan Mengajarkannya” sabda nabi Muhammad SAW yang dikutip dan menjadi dasar, Bpk. M. Thaberanie, S.H.,M.H.I. (Hakim Agama Pengadilan Agama Balikpapan) yang mengajarkan dan membenarkan Tajwid bacaan Al-Qur’an kami setelah kegiatan ceramah agama di hari Jum’at selama bulan Ramadhan. (YR)

 

 

 

 

Hilal Tidak Terlihat, Pemerintah Tetapkan 1 Ramadhan Jatuh Pada Kamis 17 Mei 2018

Written by Administrator on . Posted in Berita

 

Jakarta | badilag.mahkamahagung.go.id

Pemerintah menetapkan hari pertama Ramadan 1439 Hijriah jatuh pada Kamis, 17 Mei 2018.

Hal itu disampaikan oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin saat konferensi pers di Kantor Kementerian Agama, Jl M. H. Thamrin No. 6, Jakarta, Selasa (15/5/2018).

Penetapan ini didasarkan pada hasil sidang itsbat yang dipimpin langsung oleh Menteri Agama sendiri.

Lukman Hakim menjelaskan, dari 95 titik pengamatan hilal yang tersebar di 32 propinsi, tidak satupun perukyat yang dapat melihat hilal. Akhirnya, bulan Sya’ ban digenapkan (istikmal) menjadi 30 hari.

Berdasarkan sistem hisab, bahwa ijtimak awal Ramadan 1439 H jatuh pada hari Selasa, 15 Mei 2018 bertepatan dengan tanggal 29 Syakban 1439 H pukul 18:48 WIB. 

Tinggi hilal pada saat matahari terbenam di seluruh wilayah Indonesia berkisar antara -1o 36’ sampai dengan -0o 2’. Dari data-data tersebut memang kecil kemungkinan bahkan dipastikan hilal tidak bisa dilihat.

Seperti tahun lalu, sidang itsbat kali ini dilakukan secara tertutup. Sidang itsbat dihadiri oleh Dirjen Badan Peradilan Agama sebagai perwakilan dari Mahkamah Agung, Komisi VIII DPR RI, MUI, BMKG, LAPAN. Selain itu hadir pula dari Bosscha ITB, Planetarium, dan Ormas-ormas Islam. (hirpan hilmi)

sumber foto : kompas.com

Sumber Berita : www.badilag.mahkamahagung.go.id

Pembinaan dan Pengawasan Pelayanan Publik di PA Balikpapan

Written by Administrator on . Posted in Berita

Pelayanan publik di pengadilan kerapkali dikeluhkan masyarakat. Aspek pelayanan publik di pengadilan mesti menjadi perhatian khusus, bahkan pembenahan manajemen pelayanan publik di pengadilan oleh Mahkamah Agung RI (MARI).

Pengadilan Tingkat Banding sebagai kawal depan Mahkamah Agung RI diharapkan dapat meningkatkan pembinaan dan pengawasan pelayanan publik kepada satuan kerja di wilayahnya. Berdasarkan Surat Tugas Nomor : W17-A/400/KP.01.1/4/2018 tanggal 2 April 2018 Tim Pengawas dari Pengadilan Tinggi Agama Samarinda melakukan pembinaan dan pengawasan Pelayanan Publik di Pengadilan Agama Balikpapan dari tanggal 4 s.d 6 April 2018.

Tim yang beranggotakan Bpk. Drs. H. Iskandar Paputungan, M.H. (Wakil Ketua PTA Samarinda),  Drs. H. Aderi, S.H.,M.H. (Panitera Pengganti) dan Fajar Herustia, S.Kom. (Kasubag Tata Usaha dan Rumah Tangga) melakukan pemeriksaan berkas-berkas administrasi kepaniteraan dan kesekretariatan dengan mengambil salah satu ruangan pada kantor Pengadilan Agama Balikpapan dan juga secara langsung turun ke lapangan untuk melihat pelayanan kepada  masyarakat sebagai implementasi dari pelayanan publik yang menjadi perhatian khusus oleh Mahkamah agung RI.

Tidak tapi banyak yang menjadi sorotan dari tim pemeriksa, hal ini terlihat dari minimnya temuan yang telah dibenahi dari temuan pemeriksaan sebelumnya yang disampaikan melalui ekspos yang dilaksanakan di Aula Pengadilan Agama Balikpapan pada hari Jum’at tanggal 6 April 2018 dan dihadiri oleh seluruh Pegawai Pengadilan Agama Balikpapan. (YR)

 

 

 

 

Ketua PTA Samarinda Melantik 3 Ketua PA

Written by Administrator on . Posted in Berita

Samarinda | www.pta-samarinda.net [28/03/2018]

“Rabu, 28 Maret 2018 Ketua Pengadilan Tinggi Agama Samarinda, Dr. H. Bunyamin Alamsyah, S.H., M.Hum. melantik 3 (tiga) Ketua Pengadilan Agama di wilayah Pengadilan Tinggi Agama Samarinda. Pelantikan dilaksanakan di Aula lantai 2 Pengadilan Tinggi Agama Samarinda dengan dihadiri oleh Wakil Ketua, Hakim Tinggi, Para Pejabat di lingkungan Pengadilan Tinggi Agama Samarinda Dihadiri pula oleh para Ketua Pengadilan Agama se-Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara. Para Ketua Pengadilan Agama yang dilantik dan diambil sumpahnya adalah :

  1. H. Subhan, S.Ag., S.H., sebelumnya menjabat Wakil Ketua Pengadilan Agama Tanah Grogot Kelas II menjadi Ketua Pengadilan Agama Tanah Grogot Kelas II;
  2. Uray Gapima Aprianto, M.H., sebelumnya menjabat Wakil Ketua Pengadilan Agama Bontang Kelas II menjadi Ketua Pengadilan Agama Tanjung Redeb Kelas II;dan
  3. H. Ahmad Asy Syafi’i, S.Ag., sebelumnya menjabat Wakil Ketua Pengadilan Agama Tarakan Kelas II menjadi Ketua Pengadilan Agama Sangatta kelas II.

Setelah pelantikan dilanjutkan dengan pembinaan oleh Ketua dan Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Samarinda di Aula Pengadilan Tinggi Agama Samarinda yang diikuti oleh seluruh Ketua Pengadilan Agama se-wilayah Pengadilan Tinggi Agama Samarinda. Diantara materi pembinaan yang disampaikan oleh Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Samarinda yaitu terkait pengawasan, optimaslisasi Hakim Pengawas Bidang (Hawasbid), serta beberapa hal terkait teknis peradilan.

Sedangkan materi pembinaan yang disampaikan Ketua Pengadilan Tinggi Agama Samarinda berkaitan dengan permasalahan yang masih muncul di lingkungan peradilan seperti integritas, kedisiplinan, moral dan kebersihan. Disamping itu disampaikan juga kebijakan Mahkamah Agung terkait peningkatan integritas, pelayanan publik dan SAPM. Beliau juga menganjurkan untuk terus mempelajari peraturan-peraturan berkaitan dengan tupoksi seperti Sema Nomor 6 Tahun 2014 tentang Penanganan Bantuan Panggilan/Pemberitahuan (Tabayyun), Perma Nomor 14 Tahun 2016 tentang Tata Cara Penyelesaian Perkara Ekonomi Syariah, Sema Nomor 2 Tahun 2014 Tentang Penyelesaian Perkara di Pengadilan Tingkat Pertama dan Tingkat Banding pada 4 (Empat) Lingkungan Peradilan, Perma Nomor 3 Tahun 2017 tentang Pedoman Mengadili Perkara Perempuan Berhadapan dengan Hukum, SK KMA Nomor 48/KMA/SK/II/2017 tentang Pola Promosi dan Mutasi Hakim pada Empat Lingkungan Peradilan dan peraturan lainnya.

Acara dilanjutkan dengan pengantar alih tugas Bapak Drs. H. Sudarno, S.H., M.H. Panitera Pengganti Pengadilan Tinggi Agama Samarinda yang dimutasi menjadi Panitera Pengganti Pengadilan Tinggi Agama Surabaya dan pengantar purna tugas Bapak Hairil, Pengadministrasi Umum Pengadilan Tinggi Agama Samarinda yang sudah memasuki masa pensiun.

sumber www.pta.samarinda.net

  • PTA Samarinda
  • PA Samarinda
  • PA Tenggarong
  • PA Bontang
  • PA Sangata
  • PA Grogot
  • PA Tanjung Redep
  • PA Tanjung Selor
  • PA Tarakan