Perjanjian Kerjasama Tentang Penyediaan Pemberian bantuan Hukum dan kunjungan kerja Wakil Ketua PTA Samarinda di Pengadilan Agama Balikpapan Tahun 2018

Written by Administrator on . Posted in Berita

Sejak tahun 2016 Pengadilan Agama Balikpapan telah bekerja sama dengan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Fak. Syariah IAIN Samarinda dalam hal memberikan pelayanan hukum pada Pengadilan Agama Balikpapan, dan Ini adalah kali ketiga di tahun 2018.

Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) atau Perjanjian kerjasama dalam pelaksanaan Pos Bantuan Hukum (Posbakum) ini dilaksanakan di Aula Pengadilan Agama Balikpapan pada hari Jum’at (12-01-2018). Ibu Dr. Hj. Darmawati, M.Hum, Dekan Fakultas Syariah IAIN Samarinda beserta rekan diterima oleh Drs. Bahrul Amzah, M.H. Ketua Pengadilan Agama Balikpapan.

“Sudah banyak Pengadilan Agama yang ada di Kalimantan Timur menjalin kerja sama dengan LBH Fak. Syariah IAIN Samarinda, bahkan terakhir Pengadilan Agama Bontang, Pengadilan Agama Tanah Grogot, Pengadilan Agama Tanjung Redeb dan Pengadilan Agama Tarakan, ujar Darmawati dalam sambutannya. Beliau juga berpesan kepada anak-anak alumni IAIN Samarinda yang bekerja di Posbakum Pengadilan Agama dimanapun ditempatkan agar memberikan bantuan pelayanan hukum bagi para pencari keadilan, dimana Allah Berfirman dalam (QS. Ar Rahman : 60) “Tidak ada balasan kebaikan kecuali kebaikan (pula).”

Ketua Pengadilan Agama Balikpapan Drs. Bahrul Amzah, M.H. sangat berterima kasih atas kerjasama LBH IAIN Samarinda yang mempercayakan anak didiknya kepada kami untuk membantu memberikan pelayanan bantuan hukum kepada para pencari keadilan dalam hal pemberian informasi, konsultsi dan bantuan pembuatan dokumen hukum yang dibutuhkan (surat gugatan/permohonan). Siapa lagi yang memperhatikan alumni IAIN, kalau bukan kita Peradilan Agama. 

Dihari yang sama, setelah sholat Jum’at Pengadilan Agama Balikpapan menerima kunjungan dari Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Samarinda. Bpk. Drs. H. Iskandar Paputungan, M.H. dalam kunjungannya melakukan pembinaan dan pengawasan pelayanan publik di kantor Pengadilan Agama Balikpapan. Mengambil tempat di ruang rapat pimpinan dan dihadiri oleh pegawai Pengadilan Agama Balikpapan.

Bapak Iskandar Paputungan setiap berkunjung ke Pengadilan Agama Balikpapan selalu memberikan Motivasi untuk meningkatkan kinerja dalam memberikan pelayanan yg maksimal kepada mayarakat tanpa memandang status strata sosial seseorang dan beliau juga mengarahkan agar semua elemen di PA Balikpapan meningkatkan kekompakan dan kerjasama sesuai tugas dan fungsi masing-masing (YR)

 

 

 

 

Rapat Umum Pembahasan DIPA Pengadilan Agama Balikpapan Tahun 2018 sekaligus Sosialisasi SIPP 3.2.0

Written by Administrator on . Posted in Berita

Rabu, 10 Januari 2018, Pembahasan tentang Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) 2018 yang merupakan pembahasan penting perihal penggunaan anggaran tahun 2018 disampaikan oleh Sekretaris Pengadilan Agama Balikpapan, Bpk. Abdul Rifai, S.H.I. selaku Kuasa Pengguna Anggaran. Pengadilan Agama Balikpapan mendapat anggaran melalui 2 (dua) buah DIPA sebagaiman tahun lalu yaitu dari Badan Urusan Administrasi MARI dan Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama MARI.

Secara Keseluruhan, Bpk. Abd. Rifai, S.H.I. memaparkan Anggaran DIPA dari Badan Urusan Administrasi MARI yang diperuntukkan untuk membiayai Layanan Dukungan Manajemen satker daerah (Belanja Barang), Layanan Perkantoran (Belanja Pegawai) dan Pengadaan Sarana dan Prasarana (Belanja Modal). Begitu pula Anggaran DIPA dari Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama MARI yang diperuntukkan untuk Peningkatan Manajemen Peradilan Agama (Biaya Prodeo) dan Layanan Bantuan Hukum (Jasa Posbakum).

Setelah pemaparan DIPA oleh Bpk. Abdul Rifai, S.H.I., Ketua Pengadilan Agama Balikpapan dalam sambutannya mengharapkan dana yang ada di DIPA Pengadilan Agama Balikpapan agar berdaya guna dan digunakan secara efektif dan efisien. Selain itu juga di tahun 2018 ini SIPP telah menggunakan versi terbaru yaitu 3.2.0, diharapkan seluruh elemen bisa mengikuti dan menyesuaikan diri untuk versi terbaru ini.

Kegiatan Pembahasan DIPA ini dirangkai dengan Sosialisasi  SIPP (Sistem Informasi Penelusuran Perkara) terbaru versi 3.2.0. Pada SIPP versi 3.2.0 ini ada tambahan fitur sehingga perlu disosialisasikan agar para pengguna dapat memahami dan menggunakan fitur-fitur tersebut. Ujar Sapruddin, S.Kom selaku Admin SIPP Pengadilan Agama Balikpapan. Dengan adanya SIPP versi terbaru ini, Pengadilan Agama Balikpapan dapat meningkatkan kinerja dan Pelayanan terbaik bagi para pencari keadilan di kota Balikpapan. (YR)

 

 

 

 

Pengadilan Agama Balikpapan Tanda Tangan MoU dengan PT. Radio Swara Mitra Dirgantara

Written by Administrator on . Posted in Berita

Salah satu Program Kerja di Tahun 2018 ini yaitu berkaitan dengan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) perjanjian kerjasama dan kontrak kerja antara Pengadilan Agama Balikpapan dengan PT. Radio Swara Mitra Dirgantara dalam hal penyiaran pemanggilan sidang sesuai dengan ketentuan Psl. 27 ayat (1) Peraturan Pemerintah No. 9 tahun 1975 tentang Pelaksanaan UU No. 1 tahun 1974 tentang perkawinan.

Rabu, 3 Januari 2018 PT. Radio Swara Mitra Dirgantara yang dipimpin oleh Bpk. Nurdiansyah A.K. menandatangani Surat kesepakatan (MoU) bersama Ketua Pengadilan Agama Balikpapan Drs. Bahrul Amzah, M.H. yang didampingi oleh Dra. Hj. Hairiah, S.H.,M.H. (Panitera Pengadilan Agama Balikpapan) dan Yuri Adi Dharma, S.Kom. (Plh. Sekretaris Pengadilan Agama Balikpapan). Melalui kesepakatan ini, PT. Radio Swara Mitra Dirgantara akan menjadi stasiun radio tunggal di kota Balikpapan yang akan melakukan pemanggilan khusus apabila tergugat ghaib.

Stasiun radio yang berada di frekuensi AM 1512 KHz adalah stasiun radio yang telah mengudara sejak tahun 1978 dan masih eksis mengudara di kota Balikpapan, alunan lagu nostalgia yang selalu diputar mengisyaratkan bahwa radio ini mempunyai pengalaman dan fans tersendiri dihati para pendengar. Maju terus penyiaran radio Indonesia, teruslah mengudara…..(YR)

 

 

 

 

Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Jurusita Pengganti Pengadilan Agama Balikpapan

Written by Administrator on . Posted in Berita

Mengawali tahun 2018, Pengadilan Agama Balikpapan melantik dan mengambil sumpah jabatan Jurusita Pengganti berdasarkan SK Ketua Pengadilan Agama Balikpapan Nomor : W17-A/37/KP.04.6/1/2018 tanggal 2 Januari 2018 setelah mendapat Surat Rekomendasi dari Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI Nomor : 1621/DjA/KP.04.6/SK/12/2017 tanggal 27 Desember 2017 tentang persetujuan pengangkatan Tenaga Jurusita Pengganti pada Pengadilan Agama Balikpapan a.n. Sapruddin, S.Kom.

Selasa, 02 Januari 2018 Acara yang dimulai pukul 14:30 WITA bertempat di ruang sidang II Pengadilan Agama Balikpapan dan di hadiri oleh seluruh Pegawai Pengadilan Agama Balikpapan dari Ketua, Wakil Ketua, Hakim, Pejabat Fungsional, Struktural, hingga tenaga honorer Pengadilan Agama Balikpapan.

Jurusita Pengganti di Pengadilan Agama Balikpapan sekarang ini sangat terbatas bila dibandingkan dengan Jumlah Perkara yang banyak di Pengadilan Agama Klas. I.A., oleh karena itu harus ada penambahan tenaga Jurusita pengganti. Dengan dilantiknya Sapruddin S.Kom sebagai Jurusita Pengganti akan membawa keberkahan dan kemanfaatan bagi satker kita. Ucap Ketua Pengadilan Agama Balikpapan, Drs. Bahrul Amzah, M.H. dalam sambutannya. Lebih lanjut Bahrul Amzah juga berpesan kepada semua pegawai untuk meningkatkan kinerja, kekurangan diminimalisir dan harapan kedepan agar Pengadilan Agama Balikpapan lebih kompak dan mewujudkan Pengadilan Agama yang Beriman (Berkeadilan, Integritas dan Amanah) sesuai motto Pengadilan Agama Balikpapan dalam rangka suksesnya Akreditasi Penjaminan Mutu di Pengadilan Agama Balikpapan. (YR)

(Foto Bersama Pegawai Pengadilan Agama Balikpapan)

 

 

 

Upacara Peringatan Hari Ibu ke-89 Tahun 2017 di Pengadilan Agama Balikpapan

Written by Administrator on . Posted in Berita

“Tekad dan perjuangan kaum perempuan untuk mewujudkan kemerdekaan dilandasi oleh cita-cita dan semangat persatuan kesatuan menuju kemerdekaan Indonesia yang aman, tentram, damai, adil dan makmur. Peringatan Hari ibu menunjukan bahwa perjuangan kaum perempuan Indonesia, telah menempuh proses yang sangat panjang dalam mewujudkan persamaan peran dan kedudukannya dengan kaum laki-laki, mengingat keduanya merupakan bagian yang penting dalam rangka penghapusan segala bentuk diskriminasi dan tindak kekerasan lainnya”. Penggalan sambutan yang disampaikan oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Balikpapan pada upacara bendera peringatan hari Ibu di kantor Pengadilan Agama Balikpapan bersama segenap pegawai Pengadilan Agama Balikapan.

Dengan tema pelaksanaan “Perempuan Berdaya, Indonesia Jaya” upacara bendera berjalan dengan khidmat mengingat sejarah yang tak dapat kita lupakan sepanjang hayat, betapa besar jasa para pejuang perempuan mengangkat harkat dan martabat kaum perempuan untuk memperjuangkan kesatuan, persatuan dan kemerdekaan Indonesia. Sehubungan dengan peringatan hari Ibu, seluruh petugas upacara di Pengadilan Agama Balikpapan semuanya kaum perempuan, terkecuali Pembina dan Pembaca Do’a. 

Sejarah singkat hari ibu yang menyatakan bahwa tanggal 22 Desember sebagai Hari Ibu dinyatakan pada saat Kongres Perempuan Indonesia III di Bandung. Dengan Peringatan hari Ibu ke-89, semua perempuan diajak oleh Yohana Yembise (Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI) dalam sambutannya yang disampaikan oleh wakil Ketua Pengadilan Agama Balikpapan untuk maju terus, mampu menjadi sosok yang mandiri, kreatif, Inovatif, Percaya Diri dan meningkatkan kualitas dan kapabilitas dirinya, sehingga bersama laki-laki menjadi kekuatan yang besar dalam membangun keluarga, masyarakat dan bangsa. Selamat Hari Ibu ke-89 bagi kita semua. (YR)

 

 

 

 

  • PTA Samarinda
  • PA Samarinda
  • PA Tenggarong
  • PA Bontang
  • PA Sangata
  • PA Grogot
  • PA Tanjung Redep
  • PA Tanjung Selor
  • PA Tarakan