Ketua PTA Samarida : Wajib Merubah Mind Sheet Demi Tercapainya Reformasi Birokrasi

Written by Super User on . Posted in Berita

Ketua PTA Samarida : Wajib Merubah Mind Sheet Demi Tercapainya Reformasi Birokrasi

 

Sample Image

Balikpapan I www.pa-balikpapan.net

Untuk pertama kali dalam tahun 2013, Ketua PTA Samarinda (Drs.H. Syamsul Falah, M.H) didampingi Panitera/Sekretaris PTA Samarinda (Drs. H. Darman Rasyid, M.H) melakukan pembinaan dihadapan Ketua, Wakil Ketua, Hakim, Pejabat Struktural dan Fungsional Pengadilan Agama Balikpapan, Kamis (7/3/2013).

Pada pembinaan ini Ketua Pengadilan Agama Balikpapan (Drs. H. Muhammad Hasbi, M.H) mengucapkan selamat datang kepada KPTA dan Panitera/Sekretaris PTA Samarinda yang telah berkenan mengunjungi dan memberikan pembinaan di Pengadilan Agama Balikpapan. KPA Balikpapan juga memberikan laporan atas pelaksanaan tugas dan kewajiban yang sudah dilakukan sejak Januari 2013, baik mengenai Administrasi Peradilan maupun juga Administrasi Umum.

Setelah KPA Balikpapan menyampaikan kondisi terkini Pengadilan Agama Balikpapan, KPTA Samarinda dalam materi pembinaannya kembali mengingatkan tentang Reformasi Birokrasi Peradilan khususnya Peradilan Agama, dan apa yang juga menjadi tujuan dari Blue Print (Cetak Biru) dan 8 (delapan) area perubahan yang termaktub dalam Quick Wins Mahkamah Agung secara keseluruhan. Guna mencapai tujuan luhur dari Reformasi Birokrasi tersebut para pegawai peradilan wajib merubah Mind Sheet (Pola Pikir).

Sample Image

KPTA Samarinda juga menegaskan secara khusus bagi Hakim yang sejak bulan November 2012 telah dinaikkan kesejahteraannya sesuai amanat Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 94 Tahun 2012, jangan sampai menurun kinerjanya baik dalam hal kedisiplinan maupun pelaksanaan tugas pokoknya sebagai “wasit” dalam memutuskan perkara yang ditanganinya. Hal ini sejalan dengan arahan Wakil Ketua Non Yudisial MA(YM. Ahmad Kamil) pada pertemuan di PTA Mataram yang intinya menekankan bahwa Hakim harus dan wajib meningkatkan profesionalisme dalam menjalankan tupoksinya dan jangan sampai terlena dengan keluarnya PP 94/2012.

Pada saat KPTA Samarinda menyampaikan materi kedisiplinan tersebut, Panitera/Sekretaris PTA Samarinda yang duduk disamping KPTA Samarinda sengaja meminta daftar kehadiran (absen) bulan Februari dan Maret 2013, dan sesuai rekapan absen tersebut secara keseluruhan atau bisa dikatakan 99,99 persen pegawai Pengadilan Agama Balikpapan khususnya Hakim datang dan pulang kerja sesuai dengan aturan yang sudah ditentukan.

Selain itu pula, KPTA Samarinda menyampaikan materi pembinaan meliputi tentang disiplin berpakaian, disiplin terhadap pelaksanaan tupoksi masing-masing, meningkatkan profesionalisme (keahlian) dalam bekerja, meningkatkan standar pelayanan publik kepada masyarakat serta menjaga Integritas Moral dan Akhlak.

Sample Image

Panitera/Sekretaris PTA Samarinda kemudian melanjutkan materi pembinaan yang intinya adalah bahwa pegawai pengadilan Non Hakim jangan bersedih dan berkecil hati, karena Insya Allah dalam waktu yang tidak lama lagi akan juga menerima kenaikan tunjangan kinerja (Remunerasi). Sekarang lebih baik fokus dengan tupoksinya masing-masing. Disamping itu juga beliau menyampaikan bahwa dalam dekat ini akan dilakukan pemisahan struktur atau organisasi di Pengadilan Tk. Banding dan Tk. Pertama, yang mana nantinya akan dipisah antara Panitera dan Sekretaris. (Njw**)

Download from BIGTheme.net free full premium templates

  • PTA Samarinda
  • PA Samarinda
  • PA Tenggarong
  • PA Bontang
  • PA Sangata
  • PA Grogot
  • PA Tanjung Redep
  • PA Tanjung Selor
  • PA Tarakan