Ramadhan di Pengadilan Agama Balikpapan

Written by Administrator on . Posted in Berita

Setiap Tahun Bulan Ramadhan selalu membawa kesan tersendiri bagi seluruh Pegawai Pengadilan Agama Balikpapan, Bagaimana tidak rutinitas dan volume pekerjaan yang meningkat di setiap harinya membuat seluruh Pegawai sibuk dengan aktifitas pekerjaannya masing-masing. Ramadhan membuat kami semakin dekat, rasa kekeluargaan dan kebersamaan semakin erat, hal ini tampak melalui Sholat Dzuhur Berjamaah dilanjutkan dengan tadarus Al-Qur’an, tidah hanya itu, selama bulan Ramadhan setiap hari Jum’at Pagi mendengarkan Siraman Rohani dan dilanjutkan pembelajaran Ilmu Tajwid sebagai peningkatan kualitas bacaan Al-Qur’an kami.

Pembentukan Panitia yang dilaksanakan pada hari selasa, tanggal 15 Mei 2018 yang dihadiri seluruh pegawai, mempercayakan kepada Bpk. Drs. Muh. Yazid Yosa, S.H.,M.H. sebagai ketua panitia amaliah Ramadhan 1439 H. Dari jadwal Imam, Penceramah, Muadzin, tadarus Al-Qur’an hingga buka puasa bersama anak yatim menjadi agenda rapat kepanitiaan.

Kesibukan bekerja terkadang melupakan akan tujuan kita di dalam kehidupan ini. Yang penting bagi kita bekerja. Tetapi kita sering kurang menyadari apa yang kita cari dalam hidup ini. Selain kebutuhan jasmani, kebutuhan rohani pun perlu kita perhatikan. Melalui Kegiatan Siraman Rohani setiap hari Jum’at Pagi selama bulan Ramadhan, dimana diawali oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Balikpapan, Drs. H. M. Kahfi, S.H.,M.H. yang menyampaikan tentang tingkatan orang-orang yang berpuasa menurut Imam Al-Ghozali.

1.Shoumul ‘awam (puasa golongan umum) yaitu puasanya orang yang menahan hawa nafsu dari makan-minum dan kemaluannya;
2.Shoumul khawashi (puasa tingkatan khusus/istimewa) ya’ni puasanya orang-orang shalih dan matang dalam ilmu agamanya dimana mereka dapat menahan anggota tubuh dari segala macam dosa.
3.Shoumul khawashil khawashi (puasa sangat istimewa) Ialah Puasanya orang yang menahan hati dari kemauan yang rendah dan dari pemikiran terhadap duniawi, dan menahannya juga pemikiran kepada selain Allah dengan secara keseluruhan.

Dari ceramah yang disampaikan oleh Bpk. H.M. Kahfi, Timbullah pertanyaan pada diri kita, Sudah termasuk golongan apa, Tingkatan Puasa Kita ? Wallahu a'lam bish-shawabi.

“Sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar Al-Qur’an dan Mengajarkannya” sabda nabi Muhammad SAW yang dikutip dan menjadi dasar, Bpk. M. Thaberanie, S.H.,M.H.I. (Hakim Agama Pengadilan Agama Balikpapan) yang mengajarkan dan membenarkan Tajwid bacaan Al-Qur’an kami setelah kegiatan ceramah agama di hari Jum’at selama bulan Ramadhan. (YR)

 

 

 

 

Download from BIGTheme.net free full premium templates

  • PTA Samarinda
  • PA Samarinda
  • PA Tenggarong
  • PA Bontang
  • PA Sangata
  • PA Grogot
  • PA Tanjung Redep
  • PA Tanjung Selor
  • PA Tarakan