Prosedur Pengaduan

Written by Super User on . Posted in Pengaduan

SOP (Standard Operating Procedure)

Penanganan Pengaduan Masyarakat


A. Penyampaian pengaduan secara pribadi/langsung

    • Masyarakat (pelapor) datang ke kantor Pengadilan Agama Balikpapan.

    • Staff Bagian Umum menerima pelapor kemudian melakukan wawancara untuk mengetahui permasalahan yang akan disampaikan pelapor.

    • Untuk keperluan dokumentasi, wawancara direkam melalui alat perekam suara (digital voice recorder)

  • Hasil wawancara dituangkan dalam Formulir Pengaduan yang setidak-tidaknya memuat :

1.      Identitas Pelapor

a.  Nama (dan NIP jika pelapor adalah PNS)

b.  Alamat

c.  Nomor telpon yang dapat dihubungi

2.      Identitas Terlapor

a.  Nama (dan NIP jika diketahui)

b.  Jabatan

c.  Unit Kerja

3.      Rentang waktu kejadian

4.      Tempat kejadian

5.      Kronologis kejadian

6.      Lampiran yang berisi bukti-bukti terjadinya kejadian/peristiwa

  • Formulir pengaduan yang telah ditandatangani oleh pelapor dan Staff Bagian Umum beserta lampirannya kemudian disampaikan kepada Panitera/Sekretaris Pengadilan Agama Balikpapan  melalui Kepala Urusan Bagian Umum dengan tembusan kepada Ketua Pengadilan Agama Balikpapan untuk ditindaklanjuti.

B. Penyampaian pengaduan secara tidak langsung

1. Pengaduan Melalui Telepon

    • Pelapor menelpon Kantor Pengadilan Agama Balikpapan ke nomor (0542) 7219469

    • Staff Bagian Umum menerima telepon dan kemudian melakukan wawancara (melalui telepon)

  • Hasil wawancara dituangkan dalam Formulir Pengaduan yang setidak-tidaknya memuat :

1)      Identitas Pelapor

a.   Nama (dan NIP jika pelapor adalah PNS)

b.   Alamat

c.   Nomor telpon yang dapat dihubungi

2)      Identitas Terlapor

a.  Nama (dan NIP jika diketahui)

b.  Jabatan

c.  Unit Kerja

3)      Rentang waktu kejadian

4)      Tempat kejadian

5)      Kronologis kejadian

  • Formulir pengaduan yang telah ditandatangani oleh pelapor dan Staff Bagian Umum beserta lampirannya kemudian disampaikan kepada Panitera/Sekretaris Pengadilan Agama Balikpapan  melalui Kepala Urusan Bagian Umum dengan tembusan kepada Ketua Pengadilan Agama Balikpapan untuk ditindaklanjuti.

2. Pengaduan melalui faximile

    • Masyarakat/pelapor menyampaikan pengaduan/informasi ke kantor Pengadilan Agama Balikpapan melalui nomor faks. (0542) 7219469
    • Staff Bagian Umum menerima faximile beserta lampirannya dan meneruskan kepada Panitera/Sekretaris Pengadilan Agama Balikpapan melalui Kepala Urusan Umum dengan tembusan kepada Ketua Pengadilan Agama Balikpapan untuk ditindaklanjuti.

  • Informasi yang disampaikan diharapkan setidak-tidaknya memuat :

1)      Identitas Pelapor

a.   Nama (dan NIP jika pelapor adalah PNS)

b.   Alamat

c.   Nomor telpon yang dapat dihubungi

2)      Identitas Terlapor

a.   Nama (dan NIP jika diketahui)

b.   Jabatan

c.    Unit Kerja

3)      Rentang waktu kejadian

4)      Tempat kejadian

5)      Kronologis kejadian


3. Pengaduan melalui surat dan e-mail

    • Masyarakat/pelapor dapat mengirimkan pengaduan melalui e-mail ke alamat This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. atau admin@pa-balikpapan.net dan melalui surat ke alamat Pengadilan Agama Balikpapan, Jalan Jalan Kol.H. Syarifuddin Yoes No. 01, Kelurahan Gunung Bahagia, Kecamatan Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan Kalimantan Timur, Indonesia Telp / Fax. : (0542) 7219469

    • Staff Bagian Umum secara rutin akan membuka e-mail pengaduan.

    • Pengaduan yang disampaikan melalui email beserta lampirannya kemudian dicetak dan disampaikan kepada Kepala Urusan Umum Pengadilan Agama Balikpapan.

  • Pengaduan melalui email ini selanjutnya disampaikan kepada Panitera/Sekretaris Pengadilan Agama Balikpapan melalui Kepala Urusan Umum dengan tembusan kepada Ketua Pengadilan Agama Balikpapan untuk ditindaklanjuti.

 

Formulir Pengaduan dan Permohonan Informasi Pengadilan Agama Balikpapan


Nomor

Jenis Formulir

File

1

Pengaduan Masyarakat

pdf

2

Permohonan Informasi

pdf

 

Keterangan :

Formulir bisa diserahkan langsung ke kantor Pengadilan Agama Balikpapan di bagian pengaduan/layanan Informasi atau bisa di kirim melalui alamat surat, Fax atau email resmi Pengadilan Agama Balikpapan.


 

 

Download from BIGTheme.net free full premium templates

  • PTA Samarinda
  • PA Samarinda
  • PA Tenggarong
  • PA Bontang
  • PA Sangata
  • PA Grogot
  • PA Tanjung Redep
  • PA Tanjung Selor
  • PA Tarakan